• home
Home » , , » TelexFree Scam / Penipuan / Money Game / Bisnis MLM / Network Marketing

TelexFree Scam / Penipuan / Money Game / Bisnis MLM / Network Marketing

Apa itu TelexFree? TelexFree adalah perusahaan telekomunikasi berbasis VoIP (Voice over internet protocol).

Tuduhan penipuan bisnis multilevel marketing (mlm) Telexfree merebak di Brazil. Padahal Telexfree sendiri didirikan di Brazil pada tahun 2002 lalu, dan dengan cepat menarik minat sejuta member/distributor di berbagai negara waktu itu. Sekitar 800 ribu orang diantaranya berada di Brazil, dan sekitar 15 ribu orang berada di USA, 10 ribu member lainnya di Eropa dansisanya tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia.

Telexfree sendiri berkantor pusat di Marlborough, Massachusetts USA dan dipimpin oleh sang pendiri yaitu James Merrill. Sesuai penjelasan websitenya, Telexfree berjualan kartu isi ulang pulsa telepon yang dapat digunakan untuk berkomunikasi di internet, dengan sesama member Telexfree.

Seperti diberitakan berbagai media, belakangan Telexfree menjadi usaha terlarang di Brazil karena tuduhan money game atau pyramid scheme yang disamarkan sebagai bisnis network marketing online. Sejak bulan Juni 2013, pihak berwajib di Brazil telah menutup kantor Telexfree dan membekukan aset-asetnya. Mereka dilarang beroperasi termasuk merekrut member baru karena usaha yang dijalankan perusahaan ini tidaklah memenuhi syarat sebagai perusahaan VOIP (Voice over internet protocol).

Ted Nuyten, pengamat bisnis MLM / Network Marketing dari Belanda, memperingatkan bahwa Telexfree merupakan bisnis yang sangat beresiko tinggi.

Meskipun demikian, para distributor di Indonesia sepertinya belum mendengar isu ini. Buktinya penawaran bisnis Telexfree masih gencar terlihat di media sosial termasuk facebook. Apalagi Telexfree merupakan perusahaan MLM yang cukup ngetop menurut pembaca Businessforhome.org.

Berbagai produk virtual memang belakangan berkembang dan dikemas dalam bentuk jualan MLM. Sebut saja Talk Fusion, Iwowe, Stiforp, Empower Network, dll. Pro kontra pun menyeruak karena kebanyakan produk tersebut tidaklah dimanfaatkan tetapi kebanyakan para membernya lebih sibuk mengajak orang bergabung dan menyetor duit. Saat bergabung, apakah Anda paham bisnis dan produk apa yang Anda masuki? Apakah mereka hanya mengincar uang Anda?

Sejumlah kasus seharusnya membuat kita sadar akan pentingnya kehati-hatian. Paling tidak, kita bisa belajar dari “peluang-peluang bisnis heboh” sebelumnya seperti Ad Surf Daily, Just Been Paid, JSS Tripler, ProfitClicking, Zeek Rewards, TVI Express dan lain-lain yang akhirnya berguguran bukan? Kemanakah mereka para member yang dulunya berkoar-koar mempromosikan bisnis-bisnis money game ini? Para korban kini hanya bisa meratap menyesali kebodohan sendiri karena melupakan logika dan bisikan nurani.

Hmm…aroma money game memang memikat tapi belakangan pasti menyengat.
Tips Menentukan MLM Baik atau Tidak
Sebelum memutuskan bergabung dengan suatu MLM, sebagaimana Anda menganalisa peluang bisnis MLM tersebut dengan beberapa pertanyaan sederhananya seperti:
  • Apakah produk tersebut istimewa sehingga Anda (dan mungkin orang lain juga) memerlukan dan ingin membeli produk-produk tersebut?
  • Apakah Anda memahami cara menggunakannya?
  • Apakah Anda bisa memasarkannya dan membuat orang lain tertarik membelinya?
  • Bagaimana dengan kelayakan harga dan manfaatnya?
Jika Anda menjawab “tidak” untuk pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda kemungkinan hanya akan sibuk merekrut orang untuk memasuki mendaftar MLM tersebut tanpa peduli produknya. Pendapatanpun diperoleh dari rekrutmen (dan iuran bulanan/tahunan), bukan karena menjual produk. Jika demikian, apa bedanya dengan arisan berantai ataupun money game lainnya?

Gunakan analisa dan nurani Anda. Tidak perlu terjun ke dalam api untuk mengetahui bahayanya bukan?


Semoga bermanfaat.


Source: http://howmoneyindonesia.com/2014/02/04/telexfree-mlm-amerika-jadi-bisnis-terlarang-di-brazil/

0 comments:

Posting Komentar