• home
Home » , » Cara Mengetahui Kelemahan dan Kelebihan Bisnis Anda

Cara Mengetahui Kelemahan dan Kelebihan Bisnis Anda

Bagaimana Cara Mengetahui Kelemahan dan Kelebihan Bisnis Anda?
Metode yang paling umum digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan bisnis dengan melakukan analisis SWOT.

Apa itu Analisis SWOT?
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Analisis ini dapat membantu Anda mengidentifikasi cara untuk meminimalkan pengaruh kelemahan sambil memaksimalkan kekuatan dalam bisnis Anda.

Langkah menganalisis kekuatan pada dasarnya bertujuan untuk mendefinisikan keunggulan kompetitif bisnis Anda. Beberapa pertanyaan untuk dijawab meliputi:
  • Apakah bisnis Anda berjalan dengan baik?
  • Apakah bisnis Anda dikenal di pasar?
  • Apa akses sumber daya yang Anda miliki (manusia, keuangan, kekayaan intelektual)?
Sedangkan tujuan menganalisis kelemahan adalah untuk mencari titik-titik di mana Anda perlu melakukan peningkatan.
Beberapa hal yang harus digali adalah:
  • Apa yang tidak berjalan dengan baik pada bisnis Anda?
  • Apa yang tidak disukai pelanggan dari produk atau jasa Anda?
  • Dimana titik-titik tekanan dalam bisnis Anda?
  • Apa yang lebih baik dari pesaing Anda?
Sedangkan langkah analisis peluang bertujuan untuk menetapkan daerah di mana Anda bisa mengembangkan bisnis di masa depan. Beberapa pertanyaan untuk dijawab meliputi:
Tren bisnis seperti apa yang mampu menjadi peluang bagi Anda (teknologi, perubahan  demografi atau sosial, perubahan aturan)?
  • Produk baru apa yang dibutuhkan pelanggan Anda?
  • Apa yang akan melengkapi penawaran produk Anda saat ini?
  • Wilayah mana yang bisa Anda targetkan?
Pada tahapan terakhir, Anda harus mengkaji faktor eksternal dan internal yang dapat menciptakan masalah bagi bisnis. Beberapa pertanyaan untuk dijawab meliputi:
  • Apakah Anda kekuarangan sumber daya untuk mengembangkan bisnis?
  • Apakah pesaing mengancam bisnis Anda?
  • Apakah tren industri seperti perubahan teknologi atau perubahan aturan merupakan ancaman bagi bisnis Anda?
  • Apakah bisnis Anda rentan terhadap penurunan ekonomi atau perubahan ekonomi lainnya?
Entah dengan menggunakan pendekatan dasar atau lebih maju dari analisis SWOT, Anda pasti akan menjalankan bisnis kembali dengan pengetahuan yang baru. Gunakan ini untuk meningkatkan efektivitas perusahaan Anda dan sebagai masukan ke dalam bisnis


Sekian dulu artikel kali ini tentang Cara Mengetahui Kelemahan dan Kelebihan Bisnis Anda
Semoga bermanfaat! 

0 comments:

Posting Komentar