• home
Home » » 36 Jurus Sukses Berbisnis Online

36 Jurus Sukses Berbisnis Online

Dalam kesempatan ini saya akan menerangkan kepada Anda tentang berbagai jurus sikap mental” (mindset) yang perlu Anda lakukan supaya bisa sukses berbisnis online. Saya rasa mengetahui hal ini sangat penting, sebab tanpa menerapkan jurus-jurus ini, maka Anda bisa jadi tidak mendapat sukses yang besar.
Silakan dibaca sampai tuntas, dan aplikasikan dalam bisnis-bisnis online Anda supaya Anda dapat mengambil pelajaran yang berharga dari artikel
yang saya tulis ini.

“36 Jurus Sukses Berbisnis Online”
 
Jurus # 1 : Patuhilah Etika Berbisnis Online

Aturan pertama dan utama yang paling utama yang perlu Anda jalankan untuk bisa sukses dalam berbisnis online adalah: patuhilah etika berbisnis online.

Sama seperti di dunia bisnis offline (dunia nyata), bisnis di dunia online pun tetaplah sebuah bisnis yang memiliki etika yang harus dijaga. Tanpa memiliki etika, jangan harap orang-orang akan suka dan mau berbisnis dengan Anda.

Setidaknya ada 5 buah etika dasar yang perlu Anda miliki untuk bisa sukses berbisnis online, yang antara lain adalah :
  1. Jujur
  2. Tidak Menipu
  3. Bertanggung Jawab
  4. Menepati Janji
  5. Murah Hati
Anda harus jujur, tidak boleh menipu, dan harus bertanggung jawab atas setiap aksi yang Anda lakukan dalam berbisnis online.

Anda harus menepati janji, jika Anda menjanjikan sesuatu kepada konsumen Anda. Anda pun harus bermurah hati, jika memang rekan atau siapa pun membutuhkan bantuan Anda. Dan seterusnya.

Menerapkan etika dalam berbisnis online akan membuat orang-orang suka dan bahagia berbisnis dengan Anda. Dan pada akhirnya, akan membuat Anda menjadi lebih sukses karena memiliki banyak rekan yang mereferensikan Anda.

Sebaliknya, dengan melanggar etika-etika berbisnis online, maka akan membuat orang-orang tidak menyukai Anda. Dan pada akhirnya, membuat bisnis Anda rusak selamalamanya. Anda tidak mau itu terjadi, bukan?


Jurus # 2 : Yakinlah Bahwa Anda Bisa Sukses

Orang yang berpikiran selalu negatif, biasanya juga akan mendapat hasil yang negatif juga. Karenanya jangan heran jika suatu saat Anda melihat orang yang selalu mengatakan tidak ada cara untuk sukses dan kaya dengan cepat dari internet, pada kenyataannya juga tidak bisa sukses dengan kaya dan cepat.

Dia selalu mengatakan pada dirinya bahwa bisnis di internet itu super susah, makan waktu super lama, hanya bisa dilakukan orang yang super cerdas, dan sebagainya.

Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Berbisnis di dunia internet tidak selalu lama, dan juga tidak selalu susah. Bahkan kalau saya bandingkan dengan bisnis di dunia nyata, berbisnis di dunia internet relatif lebih mudah dan cepat mendatangkan hasil bagi para pelakunya.

Saya tidak mengatakan 100% mudah dan cepat, karena tentu tergantung setiap orang juga. Tapi saya juga tidak mengatakan bahwa bisnis internet itu harus susah dan harus lama. Tergantung cara Anda bagaimana.

Kenapa?

Sebab saya kenal (dan sempat berbincang-bincang) dengan super affiliate marketer (dari Bandung) yang bisa menghasilkan milyaran rupiah hanya dalam 1-2 tahun via berbisnis di internet — dan bagi saya milyaran rupiah dalam 1-2 tahun itu termasuk cepat (bahkan sangat cepat) — hanya dengan bekerja 2 (dua) jam per minggu.

Jadi kalau ada yang mengatakan bahwa Anda tidak akan ada bisa untung dengan cepat dari berbisnis di internet, maka perkataan itu 100% salah, tidak benar. Mereka yang mengatakan demikian itu mungkin belum tahu caranya (itu yang membedakan kita dengan para super affiliate tersebut) atau takut saingan bertambah atau ingin meraup semua keuntungan untuk diri mereka sendiri (karena tidak ada saingan baru) atau mungkin mereka menganggap hasil seperti itu termasuk lama…

Ingatlah bahwa : kesempatan itu selalu ada, jangan berputus asa.

Jadi, mulai sekarang, selalulah berpikiran positif. Bisa!


Jurus # 3 : Jangan Tunduk Pada Orang-orang Negatif

Salah satu sebab utama penyebab para pebisnis online bisa sukses adalah dengan tidak terpengaruh oleh pengaruh dari orang-orang yang ―negative‖ di sekitarnya.

Apa yang dimaksud dengan orang-orang yang negative? Orang-orang yang negatif adalah orang-orang yang selalu membuat Anda mundur dan tidak yakin akan adanya kemungkinan sukses di dunia internet. Orang yang seperti ini, akan menjatuhkan mental Anda, yang telah Anda bangun dengan susah payah pada poin nomor 1.

Pernahkah ada orang yang mengatakan kepada Anda bahwa Anda tidak mungkin sukses di bisnis online? Atau mengatakan bahwa Anda hanya mimpi belaka? Atau mengatakan bahwa ide Anda untuk berbisnis online itu gila?

Nah, merekalah yang saya maksud dengan orang-orang negatif (dalam sudut pandang sebagai pebisnis online, bukan sebagai seorang teman / kerabat / anggota keluarga /…). Mereka inilah yang selalu membuat semangat Anda lemah, ragu dan tidak yakin dengan langkah yang ingin Anda tempuh.

Jika Anda mendengarkan dan mengikuti nasehat mereka, saya akhirnya yakin Anda akan mundur dan pada akhirnya tidak pernah sukses. Atau lebih parah lagi, mungkin Anda tidak akan pernah mencoba sama sekali untuk berbisnis online (dan itu berarti sebuah kegagalan mutlak, 100%).

Pada faktanya, apa yang mereka katakan tidak benar!

Pada faktanya, banyak orang yang berkata demikian dan menakut-nakuti Anda (selain karena niat baik mereka kepada Anda) adalah karena mereka belum tahu potensi bisnis internet yang sesungguhnya, belum pernah mencobanya sendiri, atau pernah gagal (karena tidak memiliki guru yang tepat yang membimbingnya) dalam berbisnis online, atau mereka sendiri sudah menjalankan bisnis yang sama dan tidak ingin bertambah
saingannya.

Jadi, jangan hiraukan apa yang mereka katakan. Sudah banyak bukti bahwa potensi untuk sukses di dunia bisnis internet itu ada, banyak, masih terbuka.

Jika, jika Anda masih belum terjun mencoba, yang harus Anda lakukan adalah tutup telinga Anda dan terjun untuk mencobanya. Karena tanpa mencoba, tanpa action, itu berarti Anda 100% gagal, Anda gagal mutlak.

Dan jika Anda sudah terjun di dalam bisnis online, teruskan bisnis Anda, pelajari teknikteknik yang benar dan terbukti efektif, tingkatkan profit Anda. Buktikan pada mereka bahwa Andalah yang benar.


Jurus # 4 : Harus Mau Mengeluarkan Modal

Salah satu penyebab besar orang tidak akan bisa sukses mencari uang di internet adalah karena mereka
tidak mau mengeluarkan uang. Jadi, Anda jangan menjadi seperti ini.

Benarlah yang dikatakan banyak orang bahwa untuk bisa mendapat banyak uang seringkali kita harus mau mengeluarkan uang terlebih dahulu.

Bahasa awamnya: kita harus mau mengeluarkan modal!

Dunia internet memang luas, dan banyak hal bisa didapat dengan gratis, seperti berbagai informasi dan berita. Tetapi kalau sudah masalah mencari uang di internet, berharap bisa meraih uang berlimpah hanya dengan modal Rp 0 bisa dikatakan hanya mimpi di siang bolong.

Kalau Anda tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli hosting, server gratisan Anda akan memasang banyak iklan di web Anda. Ini merusak bisnis Anda.

Kalau Anda tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli domain, calon konsumen akan ragu untuk membeli produk dari situs Anda di blablabla.bloggratisan.com.

Kalau Anda tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli produk pembelajaran bisnis online, Anda akan belajar sendiri tanpa arah, tanpa guru dan akhirnya gagal.

Kalau Anda tidak mau membeli layanan autoresponder, konversi dari sales letter Anda akan turun drastic dan Anda tidak akan bisa meraih untung yang besar.

Kalau Anda tidak mau membayar iklan, tidak akan ada yang kenal situs Anda.

Dan seterusnya…

Jadi, sekarang ubah mindset gratisan Anda. Jika Anda ingin berbisnis, beranilah mengeluarkan modal. Jika tidak, tidak usah berbisnis online – atau di dunia nyata.

Tidak ada bisnis online yang gratis sama sekali. Anda setidaknya perlu berkorban
waktu, tenaga, dan biaya untuk ber-internet ria.

Ingat teman, bisnis online tetaplah sebuah bisnis. Bukan permainan. Dan seperti halnya sebuah bisnis apapun di dunia nyata, Anda perlu keluar modal juga untuk bisa menjalankan bisnis di dunia maya (internet).

Sekali lagi, harap diingat bahwa: Anda sedang berbisnis, bukan sedang menjadi karyawan orang lain. Dan pebisnis harus mau mengeluarkan modal.


Jurus # 5 : Segeralah Action!

Tidak mau action, tidak mau memulai bisnis. Ini adalah sebuah hal yang sangat berbahaya.

Ini adalah kesalahan yang sangat mendasar yang dilakukan oleh orang dalam berbisnis online, bahkan bisa dikatakan kesalahan paling besar yang dilakukan dalam bisnis apa pun. Jika Anda melakukan kesalahan ini, saya jamin bisnis Anda akan merugi.

Eh tunggu,… bukan merugi, tapi bahkan … bisnis Anda tidak akan pernah berjalan!

Saya tidak mengerti kenapa banyak orang selalu ingin mendapatkan hasil yang melimpah, tapi tidak mau bersusah-susah. Padahal saya yakin orang itu faham bahwa untuk bisa mendapatkan suatu hal, kita harus bergerak mengejar hal tersebut.

Banyak sekali orang, sudah tidak terhitung banyaknya, yang bertanya kepada saya, bagaimana cara berbisnis online? Bagaimana memulai google adsense? Bagaimana
caranya begini dan begitu…

Tapi pada akhirnya, mereka tidak juga mulai untuk berbisnis, …

Bagaimana mau sukses kalau tidak ada action?

Apakah Anda tahu binatang yang bernama burung? Pernahkah Anda melihat burung yang terbang di angkasa? Saya yakin Anda tahu dan pernah melihatnya. Ya, sama seperti burung tersebut yang terbang mencari makan, kita pun harus bergerak untuk bisa meraih rezeki, untuk bisa menghasilkan profit dalam dunia internet ini.

Sayangnya, ini adalah penyakit yang paling banyak diderita oleh orang-orang di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Mereka ragu-ragu dan tidak mau maju, dan pada akhirnya mereka tidak pernah mendapat keuntungan sama sekali. Kecuali hanya dalam mimpi mereka saja.

Apakah Anda berpikir bahwa uang itu datang tiba-tiba?
Jawabannya : tidak mungkin.

Apakah Anda berpikir keajaiban bisa terjadi kepada Anda tanpa usaha?
Jawabannya : tidak akan.

Anda harus mau melangkah, harus maju, harus action untuk bisa sukses. Anda tidak akan pernah sukses jika tidak berani melangkah, tidak mau mengambil kesempatan dan menunda-nunda untuk berbisnis. Ini adalah fakta kehidupan.

Jadi solusinya :
Untuk bisa sukses berbisnis online, Anda harus memulainya sekarang juga! Terserah
dari bisnis yang mana, dimulai sekarang juga.


Jurus # 6 : Carilah Seorang Mentor / Guru

Banyak sekali orang yang dari awal berbisnis sudah bertekad untuk tidak mau ―berguru‖ langsung kepada orang lain yang jelas lebih faham berbisnis online.

Sebagian di antaranya beralasan bahwa tidak ada gunanya, buang-buang uang saja, malu (?), bisa cari ilmu sendiri di internet dan segudang alasan lainnya.

Tapi benarkah jalan yang seperti itu?

Faktanya, tidak semudah itu. Faktanya, belajar apa pun, entah itu belajar matematika, belajar bahasa, termasuk belajar berbisnis online pun perlu guru.

Kenapa perlu guru? Bukankah banyak sekali ilmu yang ada di internet bisa tersedia secara (hampir) gratis?

Yap betul, dan saya pun termasuk orang yang berpandangan seperti itu.

Tapi itu dulu…. Setelah berjalan beberapa tahun, barulah terasa bahwa ada hal2 yang tidak bisa Anda peroleh dari mencari ilmu secara otodidak di internet, seperti :
  1. Anda tidak bisa bertanya jika mengalami kesulitan
  2. Anda bingung, _bagaimana alur belajar yang tepat? Apa yang harus Anda pelajari lebih dahulu? Setelah belajar ini Anda harus belajar apa?
  3. Anda tidak akan fokus. Ingin coba ini, ingin coba itu, karena saking banyaknya informasi yang
    didapatkan. Inilah yang disebut INFORMATION OVERLOAD.
Karenanya akhirnya saya menyerah dan saya memutuskan bahwa saya harus berguru kepada seseorang yang sudah jelas ahli. Akhirnya saya berusaha ―berguru kepada banyak master di luar sana, dengan cara membeli berbagai produk pelajaran yang dibuat oleh mereka, entah itu berupa ebook, video ataupun training berbayar.

Saya tidak ingat persisnya sudah berapa banyak produk pembelajaran bisnis online yang saya miliki, yang jelas saya sudah keluar banyak sekali (berjuta-juta rupiah) untuk memiliki berbagai produk panduan berbisnis online dari berbagai guru tersebut.

Dan hasilnya? Inilah saya yang sekarang, alhamdulillaah.

Oke, cara belajar dengan membeli berbagai produk pembelajaran seperti yang saya lakukan memang agak, tapi saya tidak menyesal melakukannya. Karena memang terbukti bermanfaat. Karena memang ilmu yang bermanfaat itu mahal harganya.

Jujur, berdasar pengalaman pribadi saya, dengan memiliki seorang guru Anda bisa semakin fokus dan semakin menghasilkan. Waktu belajar bisa Anda tekan dan penghasilan bisa lebih cepat Anda dapatkan jika Anda dituntun oleh guru yang ahli.


Oiya, bukan hanya itu saja, dengan belajar dari ahlinya maka jika Anda bingung, Anda bisa buka referensi terpercaya, dan bertanya kepada guru tempat Anda belajar. Kalau Anda tidak fokus, Anda akan diingatkan untuk kembali mengikuti track yang mereka sediakan. Dan seterusnya.

Dengan berguru pada yang ahli Anda bisa menghemat banyak sekali waktu yang berharga. Anda bisa langsung mendapat cara bisnis paling efektif tanpa harus mencoba-coba dan mengalami kegagalan terlebih dahulu.

Jadi kalau Anda mengalami kebingungan dalam bisnis online Anda, maka carilah guru yang bisa membimbing dalam perjalanan bisnis online Anda, sekarang juga.

Belajarlah dari yang terbaik, berdoalah untuk yang terbaik, bekerjalah dengan kemampuan Anda yang terbaik dan dapatkanlah hasil yang terbaik!


Jurus # 7 : Belilah Produk Pembelajaran

Banyak yang ingin belajar dengan cara yang murah, akhirnya mencoba mengikuti berbagai blog dan situs tentang internet marketing. Mereka berkelana dari blog satu ke blog yang lainnya dengan harapan mendapat ilmu yang bermanfaat untuk bisnis online mereka.

Akankah usaha ini berhasil?

Pada faktanya, usaha ini bisa tidak begitu bagus hasilnya. Karena dengan sistem belajar yang tidak jelas seperti itu, otodidak dan loncat kesana-kesini saya jamin bahwa Anda akan kesulitan menyusun ilmu-ilmu tersebut, mana yang harus Anda dahulukan untuk dibaca? Setelah baca ini harus baca yang mana?

Pada akhirnya Anda akan berhenti pada titik di mana Anda hanya mengumpulkan berbagai ilmu yang ―dasar-dasarnya‖ saja, tetapi tidak tahu bagaimana merangkainya dalam sebuah alur kerja yang bisa dipergunakan untuk mencari uang di internet.

Pada akhirnya Anda hanya akan membuang waktu dengan mempelajari berbagai hal yang tidak bisa Anda simpulkan sendiri…

Nah kalau sudah begitu, daripada Anda blogwalking tidak jelas, tanpa arah dan tanpa bimbingan, bukankah lebih baik jika Anda hanya belajar dari satu atau beberapa (sedikit) guru saja tetapi Anda mendapatkan rangkuman berbagai ilmu mereka?

Lalu bagaimana solusinya? Mudah : beli saja produk pembelajaran yang dijual para master, yang banyak dijual di internet.

Kenapa harus membeli? Simple, alasannya karena untuk mempersingkat waktu belajar Anda. Itu saja. Seperti Anda tahu semua bahwa berbagai produk internet marketing yang Ada adalah sebuah bentuk rangkuman dari berbagai ilmu bisnis online yang dimiliki para guru tersebut.

Jadi dengan memiliki produk mereka, Anda seolah-olah memiliki rangkuman ilmu yang mereka miliki yang pada akhirnya membuat proses belajar Anda menjadi lebih cepat. Itu yang saya maksud dengan mempersingkat waktu belajar Anda. Jadi, jangan ragu untuk ―membeli ilmu‖.

Ok, mungkin Anda bisa temukan sebagian materi yang diberikan secara gratis, tanpa harus membeli produk, seperti dengan blogwalking. Hanya saja, biasanya di dalam sebuah produk (apapun), akan selalu ada nilai lebih yang bisa Anda dapatkan, seperti support dari sang pembuat produk, member forum, alur kerja yg jelas (blue print) dan sebagainya yang tidak akan Anda dapati dari berbagai tempat mencari ilmu gratisan yang lainnya.

Pernahkah Anda menemui sebuah blog yang membahas suatu bisnis satu persatu, detil langkah per langkah dan sang pemilik blog melayani 200+ email per hari secara free? Saya rasa tidak.

Jadi jangan ragu untuk berinvestasi sedikit, untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak. Beli panduan yang Anda rasa cocok untuk Anda (ingin yang tipe menjelaskan berbagai bisnis secara overview? atau yang membahas satu bisnis secara mendetail?).

Jangan hanya berkutat dengan yang gratisan jika Anda bisa mendapat yang jauh lebih banyak dengan harga yang tidak seberapa.

Ingat : untuk setiap produk berbayar, selalu ada nilai lebih yang Anda dapatkan dari setiap rupiah (atau dollar) yang Anda bayarkan.


Jurus # 8 : Jangan Hanya Membeli Produk, Tapi Juga Menerapkannya

Nah, sekarang jika Anda telah membeli produk panduan, langkah selanjutnya adalah pelajari dan ikuti setiap detail yang diberikan oleh pembuat produk. That’s it.

Kebanyakan kesalahan para pemula adalah ketika mereka sudah membeli sebuah produk maka mereka akan ingin membeli produk lainnya. Tetapi setelah itu yang mereka lakukan bukannya mempraktekkan apa yang diajarkan, tetapi malah terus hanya membeli dan membeli, tanpa praktek. Bagaimana mau berhasil?

Nah, jika Anda termasuk yang seperti itu, saya katakan bahwa Anda salah besar. Yang harus Anda lakukan adalah mempelajari, mengikuti, making money dan bukan membeli dan terus membeli.

Simpan uang Anda untuk biaya internet dan biaya promosi. Bukan untuk terus membeli. Yang membuat Anda mendapat keuntungan yang berlimpah bukanlah memiliki puluhan bahkan ratusan produk pembelajaran tentang berbisnis online, tetapi mempraktekkan ilmu-ilmu yang telah Anda dapatkan dari produk yang telah Anda miliki.

0 comments:

Posting Komentar