• home
Home » , , » Kelemahan Bisnis Online Via Facebook

Kelemahan Bisnis Online Via Facebook

Jejaring sosial menjadi pilihan termudah bagi para pebisnis pemula untuk mempromosikan produknya. Juga untuk bertransaksi secara manual melalui media sosial. Contohnya Facebook, situs pertemanan ini banyak dimanfaatkan untuk berbisnis online.

Tak sedikit orang yang mendapatkan manfaat besar terutama untuk branding produknya (barang/jasa) melalui Facebook. Namun ketika bisnis semakin berkembang, cara berbisnis online paling sederhana ini pun mulai menemui banyak kendala.

Pebisnis mengalami sejumlah kendala saat berbisnis melalui Facebook. Karena bisnis di Facebook serba manual. Follow up ke pelanggan juga melalui pesan personal dan harus rutin mengecek inbox. Banyak kesalahan yang terjadi karena semua dikelola sendiri, human errornya tinggi karena tidak ada sistem untuk menjalankannya.

Inilah beberapa kesalahan yang memungkinkan dan memang kerap terjadi saat berbisnis online melalui Facebook di antaranya:
  • Pencatatan pemesanan yang keliru karena semua serba manual.
  • Pesanan tertukar, ini merupakan dampak dari kesalahan pada pemesanan.
  • Komunikasi ke pelanggan kurang lancar. Lagi-lagi ini terjadi karena pebisnis mengurus semua hal sendiri, mulai promosi produk, melayani pelanggan, menerima permintaan, mengurus pengiriman termasuk pembayaran.
  • Transaksi kerap tertunda karena bergantung pada interaksi pembeli dan penjual. Kalau pembeli tidak tanggap merespons pertanyaan pembeli, niat untuk belanja bisa tertunda atau bahkan batal.

Sekian dulu artikel kali ini tentang Kelemahan Bisnis Online Via Facebook. Semoga bermanfaat. (as/kompas.com)

0 comments:

Posting Komentar