• home
Home » , , » Apa itu Online Marketplace?

Apa itu Online Marketplace?


Online marketplace itu apa sih? Online marketplace bisa diartikan sebagai tempat berkumpulnya toko online-toko online terpercaya yang datang dari seluruh penjuru dunia. Fasilitas yang mendukung jual-beli online juga disediakan secara cuma-cuma oleh pelaku marketplace. Sebagai pembeli, kamu juga bisa merasakan pengalaman belanja online yang lebih aman dengan sistem pembayaran rekening bersama (escrow).  

Mengapa berbisnis online lewat marketplace lebih menyenangkan?  

1. Modal tidak jadi masalah, bahkan kamu bisa membangun bisnis online tanpa modal sama sekali

Tidak seperti bisnis offline yang membutuhkan modal besar untuk menyewa tempat jual hingga membayar karyawan, membuka toko online di marketplace memungkinkan kamu untuk berbisnis dengan modal yang minim, bahkan tanpa modal sekalipun. Oleh karena itu, para individu dan pelaku UKM, siapa pun, bisa berbisnis online lewat markeplace, tanpa harus khawatir dengan masalah permodalan.  

2. Tidak perlu berpikir keras untuk membangun kepercayaan pembeli

Salah satu masalah terbesar penjual online adalah sulitnya membangun kepercayaan pembeli. Wajar saja, karena tidak sedikit kasus penipuan yang terjadi di ranah online. Nah dengan berjualan online di marketplace, masalah kepercayaan tidak akan lagi jadi masalah. Dengan adanya sistem rekening bersama, pastinya pembeli juga tidak akan takut untuk membeli di toko online-mu yang ada di marketplace.  

3. Tidak perlu lagi mencari pembeli, jutaan calon pembeli dari seluruh dunia sudah menunggumu

Mungkin ada beberapa diantara anda yang berpikir “Saya kan udah punya website jualan sendiri, ngapain buka toko di marketplace?”. Tapi masalahnya, emang punya website sendiri menjamin jualan kamu akan lebih laris? Punya website sendiri justru lebih merepotkan, kamu harus mulai dari nol untuk mencari pembeli, belum lagi harus menaikkan nilai SEO dan mengeluarkan biaya untuk me-maintain website tersebut. Sementara di online open marketplace yang traffic-nya sudah tinggi, kamu tidak perlu lagi pusing untuk mencari pembeli, karena jutaan calon pembeli dari seluruh dunia akan berkunjung ke tokomu dengan sendirinya.  

Mengapa belanja online lewat marketplace lebih menyenangkan?  

1. Tidak perlu was-was kena tipu

Masalah terbesar yang paling ditakuti oleh pembeli online adalah takut tertipu, sudah transfer uang ehh barang malah nggak dikirim. Nah dengan belanja online di marketplace, kamu tidak akan mengalami hal tersebut. Dengan sistem pembayaran rekening bersama yang tersedia, dana kamu sudah pasti aman. Dana baru diteruskan ke penjual setelah kamu menerima pesanan dalam kondisi yang baik. Jika pesanan tidak dikirim, uang kamu akan kembali sepenuhnya ke Saldo di akun marketplace kamu yang kemudian bisa dipakai kembali untuk belanja ataupun dipindahkan ke rekening pribadi.  

2. Penjual dan produk yang ditawarkan juga banyak

Sama seperti mall, kamu bisa menemukan apa saja di marketplace. Penjual yang datang dari seluruh dunia menawarkan ribuan jenis produk yang kamu cari. Kamu pun akan dimudahkan untuk memilih toko untuk berbelanja dengan adanya review yang diberikan oleh pembeli yang sebelumnya sudah pernah berbelanja di toko yang terdapat di mall versi online ini.  

3. Harga lebih murah

Banyaknya penjual yang ada di marketplace membuat harga produk yang terpampang di toko mereka cenderung bersaing dan lebih murah. Jadi kamu bisa bebas untuk membandingkan harga dan memilih harga yang terbaik.  

Apa bedanya marketplace dengan jenis e-commerce lainnya?

Selain marketplace, memang ada beberapa jenis e-commerce lain yang berkembang, seperti iklan baris dan retail. Mungkin anda bertanya-tanya, “Apa bedanya marketplace dengan iklan baris dan retail? Toh sama-sama via online kan?”. Marketplace jelas berbeda dengan 2 jenis e-commerce lainnya.

1. Di iklan baris, transaksi terjadi hanya antara penjual dan pembeli. Sementara di marketplace, ada pihak ketiga yaitu marketplace itu sendiri yang menjadi penengah transaksi, sehingga meminimalisir terjadinya tindak penipuan.

2. Di retail, produk-produk dijual oleh pemilik retail itu sendiri. Sementara produk di marketplace dijual oleh banyak penjual yang datang dari seluruh Indonesia, jadi pembeli pun punya lebih banyak pilihan produk yang harganya bersaing.

0 comments:

Posting Komentar