• home
Home » , , , , » YSLM Indonesia Penipuan / Scam

YSLM Indonesia Penipuan / Scam

YSLM Indonesia, Bisnis Investasi Gadungan dari China.

Latar belakang YSLM
YSLM dan CDTup seharusnya merupakan nama dan bisnis yang berbeda secara hukum. Hanya saja dalam berbagai penjelasan para member yang dengan mudah ditemukan secara online, YSLM = CDTup. Usaha ini (katanya) dirintis oleh Zhang Jian, yang dalam semua artikel dikatakan berusia 26 tahun dan berasal dari China. Zhang Jian digambarkan sebagai pemuda yang sukses dan kaya raya dan akan segera menyamai kekayaan para tokoh IT seperti Mark Zuckerberg ataupun Bill Gates. Foto Zhang Jian pun dipajang dimana-mana dalam halaman website para member YSLM/CDTup.

YSLM memiliki dua website resmi yaitu yslm.my (Malaysia) dan yslm.hk (Hongkong). Anehnya kedua website ini sama sekali tidak memberi gambaran apapun tentang bisnis YSLM. Padahal usaha yang legal seharusnya memberi penjelasan resmi yang transparan serta memiliki bisnis, produk jika ada, alamat kantor, susunan penangung-jawab perusahaan yang jelas dan info penting lainnya. Sebaliknya YSLM sangat tertutup. Di website resmi, yang tampak hanyalah tampilan login sebagaimana gambar di bawah ini:



Namun demikian informasi tak resmi mengenai YSLM/CDTup sangat banyak tersedia di internet. Sejumlah website dibuat oleh para member YSLM untuk menjelaskan bisnis mereka. Katanya bisnis ini bergerak di bidang online shopping (mirip BossVenture?) dan (katanya juga) akan segera mendaftarkan sahamnya di bursa HangSeng. Karenanya para member rajin merekrut member dengan janji pemberian sejumlah lot saham YSLM sebelum terlanjur mahal (kok modusnya sama dengan penipuan IndexGb yang juga sudah gulung tikar?).

Cara Kerja YSLM
Nah, YSLM adalah bisnis cari-cari anggota mirip MLM. Hanya saja tidak punya produk, jadi murni Ponzi alias skema piramida. Untuk bergabung dengan YSLM calon member cukup memilih salah satu paket bisnis, mulai paket VIP Rp1,3 juta sampai paket Diamond Rp19,5 juta. Untuk paket-paket tesebut member dijanjikan saham elektronik (e-share) dan bonus. Bonus member dapat diambil tiap 3 bulan sebesar e-share yang ditentukan saat pendaftaran. Ini disebut bonus passive karena bisa diperoleh walau tidak merekrut anggota baru.

Selanjutnya adalah bonus aktif, yaitu bonus yang diperoleh member jika berhasil mengajak orang lain masuk ke bisnis ini. Besarnya bonus adalah 20% dan bonus pasangan sebesar 60%. Masih ada bebrapa jenis bonus lainnya yang pastinya membuat para member gencar menawarkan YSLM kepada calon member.

Darimana asal bonus yang dibayarkan kepada member?
YSLM tidak memiliki produk yang diperjualbelikan saat bergabung. Gambaran “bisnis online shopping” dapat dipastikan hanyalah modus yang dipergunakan untuk memberi kesan bisnis bonafid kepada YSLM. Sejumlah toko online yang ditampilkan para member tidak dapat diklarifikasi hubungannya dengan YSLM. Jadi bonus sebetulnya hanya berasal dari uang yang disetorkan para member-member baru yang bergabung di bawahnya, termasuk dari uang Anda jika sudah bergabung.

Sejumlah leader di Malaysia, Singapura, termasuk Indnonesia dll menunjukkan foto-foto uang dan mobil yang mereka peroleh dari YSLM. Dapat dipastikan bahwa mereka memperolehnya karena banyaknya member yang bergabung di bawah jaringan mereka. Dapat dipastikan bahwa Anda akan terus berusaha menarik teman dan kerabat menyetorkan dana mereka ke bisnis ini, jika berharap bisa membeli mobil atau mendapat bonus yang sama.

Legalitas YSLM
YSLM ataupun CDTup tidak memiliki badan hukum di Indonesia. Selain itu, YSLM menawarkan investasi saham tanpa izin investasi (mengumpulkan dana masyarakat) dari Otoritas Jasa Keuangan. Jadi bisnis ini beroperasi secara ilegal di Indonesia.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang legalitas, ada pertanyaan yang mengganggu yaitu: Apa hubungan YSLM dengan CDTup? Dalam semua website para member, YSLM selalu diidentikkan dengan CDTup. Gambar-gambar orang yang disebut Zhang Jian selalu ada di CDTup dan YSLM. Akan tetapi tidak ada dokumen resmi yang menyatakan hubungan keduanya. Gambar tentang dokumen legalitas YSLM malah menampilkan CDTup.

Data CDTup di Kementerian Perdagangan Dalam Negeri Malaysia.

CDTup International merupakan perusahaan MLM yang terdaftar resmi di Kementerian Perdagangan Dalam Negeri Malaysia. Sebelumnya perusahaan ini bernama Perfect Nutrients Sdn Bhd. Dari namanya, diperkirakan bidang usahanya perusahaan ini adalah MLM suplemen. Informasi lainnya menyatakan bahwa CDTup berjualan online segala macam barang termasuk peralatan rumah tangga. Namun, tidak ada dokumen legal tentang YSLM, baik di Indonesia maupun Malaysia!

YSLM sendiri telah menjadi perbincangan hangat di Malaysia. Pemerintah Malaysia sepertinya gerah dengan keberadaan bisnis gadungan ini. Apalagi sejumlah member YSLM juga menebar info bohong bahwa Kementerian Perdagangan sempat meminta maaf kepada YSLM.

Menyikapi bahaya bisnis tipuan YSLM dan semacamnya bagi masyarakat, Kementerian Perdagangan Malaysia cepat tanggap dan mengeluarkan release resmi tertanggal 10 Juli 2014. Dalam rilis tersebut, secara tegas dinyatakan bahwa YSLM beroperasi secara illegal (haram) dan tidak memiliki izin (lesen) untuk menjalankan usaha penjualan langsung (direct selling) di Malaysia.


Dijelaskan pula asal muasal bisnis ini yaitu dari China dan disebar oleh seseorang yang mengaku sangat kaya bernama Zhang Jian. Ia menjalankan YSLM dengan janji-janji skim (cara) cepat kaya.



Selengkapnya, surat Kementerian Perdagangan Malaysia ini dapat didownload di link berikut: http://www.kpdnkk.gov.my/c/document_library/get_file?uuid=adea3966-4166-44f4-bfa8-29fd5a45d3f3&groupId=12502 . Dalam surat tersebut tegas pula dinyatakan bahwa pemerintah Malaysia akan menindak tegas siapapun yang terlibat dalam usaha penipuan YSLM.

Menurut harian The Star Malaysia pihak Kementerian Perdagangan telah sedang mengumpulkan bukti-bukti untuk kuat mengambil langkah-langkah selanjutnya seperti penyitaan aset dan pembatalan izin usaha. Sejumlah peggeledahan telah dilakukan di Puchong, Selangor dan Penang, namun pihak pemerintah menyatakan bahwa keberadaan Zhang Jian tidak diketahui. Yang jelas ia akan dicari untuk ditahan dan dimintai keterangan atas usaha ilegal yang dilakukannya di Malaysia.

Sekian dulu artikel kali ini tentang YSLM Indonesia Penipuan / Scam. Semoga bermanfaat

0 comments:

Posting Komentar